Batik versus kebaya!!! Menjelang hari Kartini

160

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarungbatik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna warni. Sedangkan Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. ( dikutip dari Wikipedia).
Kedua pakaian tersebut adalah ciri khas Indonesia. Pada acara-acara tertentu, kebaya di kenakan. Seperti hari Kartini, acara budaya jawa di kesultanan Surakarta maupun Ngayogyakarta, ada juga waktu ngunduh mantu ( bahasa jawa)  artinya mendapatkan menantu, yang akhir-akhir ini sangat ramai oleh masyarakat, media lokal maupun Internasional. Karena yang ngunduh mantu adalah Presiden Indonesia sekarang. Sedangkan Batik lebih familier, karena dalam penggunaannya tidak ribet. Dan juga Batik sendiri sudah di akui oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia.
Pada hari ini,  senin tanggal 20 bulan april satu hari menjelang peringatan salah satu pahlawan nasional, pahlawan wanita dalam dunia pendidikan yang di kenal dengan buku dengan judul ” habis gelap terbitlah terang “. Pahlawan dari pesisir pantura, terkenal akan ukiran kayu. Dia adalah Raden Ajeng Kartini.
Para penerus bangsa yang tidak lupa akan jasa para pahlawan, khususnya Raden Ajeng Kartini selalu memperingati dengan berbagai macam acara. Ada menggelar upacara bendera, ada juga yang mengadakan lomba bertema Kartini, dan masih banyak lainnya. Namun dari semua acara tersebut di atas, ada satu kesamaan yaitu penggunaan baju ala Kartini.
Baju Kartini adalah kebaya yang dapat di padukan dengan batik. Atasan dari kebaya dan bawahannya adalah batik tulis. Walaupun kedua memiliki ciri khas sendiri namun keduanya bila di pasanagkan terlihat menawan. Apalagi di jaman modern ini, setelah batik telah di akui dunia. Maka penggunaan batik marak di lakukan, seperti artikel sebelumnya telah di bahas tentang Aircraft 2015.
Di dunia pendidikan juga di selenggarakan berbagai acara untuk memperingati hari Kartini. Biasanya di lakukan tiga hari menjelang tanggal 21. Bahkan daerah lain sudah melaksanakan pada hari sabtu.
Beberapa gambar yang menyelenggarakan hari Kartini

image

image

Sebagai insan yang beradap dan tak lupa akan jasa para wanita, yang telah menjaga sembilan bulan di kandungan dan merawat penuh kasih sayang setelah ada di dunia. Sangat pantas bahwa wanita layak untuk di hormati dan di cintai bukan hanya sebagai pahlawan namun karena kecerdasan dan kesabaran dalam mengarungi samudera kehidupan.
Bagi umat muslim, Rasulullah pernah pernah berpesan bahwa kita harus bergaul dengan seorang ibu. Sampai- sampai menyebutkan tiga kali.

Salam hangat
Seragam Batik Naura

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY