Kenapa harus memilih batik pekalongan…

208

Indonesia terdiri dari banyak adat istiadat, dan beragam kebudayaan. Pakaian adat setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas yang mempunyai makna tersendiri dari kapan dan dalam acara apa pakaian adat istirahat itu harus dikenakan. Misal pakaian adat jawa yakni kebaya, digunakan dalam acara adat keraton untuk acara resmi baik pernikahan maupun penerimaan tamu kehormatan.
Dalam lingkup jawa tengah sendiri, setiap kabupaten atau kota sudah memperkenalkan pakaian resmi kebanggaan. Pakaian tersebut adalah batik. Kenapa batik?  Alasannya sangat masuk akal karena batik sendiri sudah di akui oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia. Seperti batik ciprat dari semarang, mulai diperkenalkan ke masyarakat sebagai batik dari semarang dengan motif seperti polkadot. Bintik – bintik yang menempel pada kain mori berkualitas prima. Ada juga batik dari kota Kretek, Kudus. Motif yang tidak jauh dari bahan-bahan rokok seperti motif cengkeh, motif tembakau dll.
Di Jawa Tengah ada dua kota yang dari dahulu terkenal sebagai dasar adanya batik sebelum di akui oleh dunia.
Pertama, Kota Solo di kenal sebagai batik tulis pakem. Model dan warna yang tidak jauh berbeda dari buatan dahulu sampai sekarang. Motif yang buat pun masih berbentuk tentang tumbuh-tumbuhan dan bunga. Namun soal warna sudah mulai menggunakan warna yang cerah untuk menarik minat bagi para konsumen.
Kedua adalah Kota Batik yaitu Pekalongan. Terbukti dengan adanya museum batik batik yang berada di sekitar alun-alun kota Pekalongan lama. Letaknya dekat lembaga permasyarakatan wanita dan pusat jual beli batik Banjasari. Batik Pekalongan berkembang sangat cepat. Motif pesisir,  bunga, tumbuhan yang melekat sekarang mulai berinovasi. Warna cerah menambah cantik untuk menambah kesan bahwa Pekalongan sebagai kota batik yang di akui Indonesia bahkan Dunia. Bukti lainnya, Pekalongan sebagai kota batik skala dunia adalah adanya Internasional Batik Center alias IBC. Berbagai macam batik kelas dunia ada di situ. Harga beragam dari ratusan sampai jutaan rupiah.
Batik kelas tinggi di buat dengan cara menulis pada kain berkualitas A1. Pembuatan batik membutuhkan waktu lebih dari satu hari setiap satu kain, sehingga harga yang di tawarkan sesuai dengan kualitas batiknya. Apabila ada batik untuk kalangan eksekutif maka ada juga kelas ekonomis. Walaupun ekonomis, akan tetapi tidak memalukan dan mengurangi keindahan batik Pekalongan. Pembuatan batik ini menggunakan cara Cap dan Printing. Cara Printing di gunakan untuk memproduksi kain batuk jumlah banyak. Efisiensi waktu menjadi pertimbangan untuk menanggapi permintaan konsumen yang memiliki minat tinggi dalam berburu batik dengan biaya tidak terlalu tinggi.
Dengan adanya alasan di atas maka kenapa Batik Pekalongan menjadi pertimbangan pertama dalam berburu batik.
Bila ada kesalahan mohon kirim saran ke alamat kami
Salam hangat
Seragam Batik Naura

LEAVE A REPLY